Kamis, 04 Desember 2008

10 Tipe Penonton Di Bioskop

Salah Satu Bioskop Di Jakarta
Salah Satu Bioskop Di Jakarta
Masih ingat kapan terakhir kali blogers pergi ke bioskop? Di tanah air, yang namanya bioskop sudah muncul sejak lebih dari seabad lampau. Ini dihitung dari pemutaran "gambar idoep" pertama kali di bioskop Batavia pada tanggal 5 Desember 1900, tepatnya di kawasan Kebon Djahe, Tanah Abang.

Film pertama yang diputar kala itu adalah sebuah dokumenter tentang perjalanan ratu Olanda dan Raja Hertog Hendrik di kota Den Haag.

Dari data yang disampaikan Ketua Umum DPP GPBSI (Dewan Pengurus Pusat Gabungan Perusahaan Bioskop Seluruh Indonesia) H Djonny Syafruddin, SH, akhir 2007 silam, jumlah total bioskop di tanah air mencapai 248 dengan 681 layar. Paling banyak berlokasi di ibukota. Tentu saja jumlah ini masih akan terus bertambah.

Ngomong-ngomong, Rilekser tahu tidak ternyata kebiasaan para pengunjung bioskop ini bisa dikelompokkan dalam tipe-tipe tertentu. Dan ternyata lagi, dari dulu hingga kini tipenya nyaris serupa. Hanya saja, perkembangan teknologi yang belakangan muncul menyebabkan penambahan tipe-tipe penonton baru.

Beberapa tahun lalu, sineas Joko Anwar sempat membuat pengelompokan ini dalam filmnya Janji Joni. Secara jenaka dia menggambarkan tipikal penonton dari kebiasaan mereka saat berada di bioskop. Jika di sana digambarkan secara singkat dalam versi visual, berikut ini penjelasan sedikit lebih jauh dari tipe penonton yang dimaksud. Sebuah paparan dalam versi main-main sebagai kado atas hari lahirnya pertunjukan bioskop di tanah air. Berikut 10 Tipe kebiasaan penonton di bioskop :

1. Penonton Cari Perhatian (Mengutamakan penampilan saat ke Bioskop)
2. Penonton Piknik (Bioskop yang jadi tempat tamasya)
3. Penonton Pacaran (Bioskop dijadikan wakuncar, tagline:film main, penonton main)
4. Penonton Pembajak (Datang dengan mambawa kamera video mini)
5. Penonton Spoiler (Penonton yang berisik di saat film sudah main)
6. Penonton Kritikus Film (Penonton yang bawaannya kritik terus disaat film main)
7. Penonton Ponsel (Penonton yang tidak tahu diri menerima telpon disaat film berlangsung)
8. Penonton Tidur (Terlihat lelah dan memanfaatkan suasana gelap dan dinginnya studio)
9. Penonton Telmi (kok jagoannya mati? selalu bertanya disaat film main)
10. Penonton Perfeksionis (fokus terhadap sesuatu disekelilingnya)

Kalau blogers termasuk yang mana??

Tidak ada komentar: